KEWIRASWASTAAN DAN PERUSAHAAN KECIL
KEWIRASWASTAAN DAN PERUSAHAAN KECIL
KEWIRASWASTAAN
Pengertian Kewiraswastaan
Pengertian wiraswastawan
menunjuk kepada pribadi tertentu yang secara kualitatif lebih dari kebanyakan
manusia pada umumnya, yaitu pribadi yang memiliki kemampuan untuk :
- Berdiri atas kekuatan diri sendiri.
- Mengambil keputusan untuk diri sendiri.
- Menetapkan tujuan atas dasar pertimbangannya sendiri.
- Mengambil resiko.
- Tegas.
- Memperhatikan lingkungan sosial untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik bagi semua orang.
Perananan Wiraswastawan
- Memimpikan usaha secara teknis maupun ekonomis dengan berbagai aspek fungsional.
- Mencari keuntungan bisnis.
- Membawa perusahaan ke arah kemampuan.
- Memperkenalkan hasil produksi baru.
- Memperkenalkan cara produksi yang lebih maju.
- Membuka pasar.
- Merebut sumber bahan mentah maupun bahan setengah jadi.
- Melaksanakan bentuk organisasi perusahaan yang baru.
Unsur Penting Wiraswasta
Dalam wiraswasta ada
beberapa unsur penting yang satu sama lainnya saling terkait. Unsur-unsur
tersebut adalah :
- Unsur pengetahuan
Mencirikan tingkat penalaran yang
dimiliki seseorang. Pada umumnya unsur pengetahuan banyak ditentukan oleh
tingkat pendidikan orang bersangkutan.
- Unsur keterampilan
Pada umumnya diperoleh melalui
latihan dan pengalaman kerja nyata. Wiraswastawan yang dilengkapi keterampilan
tinggi akan mempunyai keberhasilan yang lebih tinggi.
- Unsur kewaspadaan
Merupakan umumnya diperoleh melalui
latihan dan pengalaman kerja nyata. Wiraswastawan yang dilengkapi keterampilan
tinggi akan mempunyai keberhasilan yang lebih tinggi.
PERUSAHAAN KECIL
Pengertian Perusahaan Kecil
Perusahaan kecil memegang
peranan penting dalam komunitas perusahaan swasta. Pengalaman di beberapa
Negara maju (Amerika, Inggris, Jepang, dan sebagainya) menunjukkan bahwa
komunitas perusahaan kecil memberikan kontribusi yang perlu diperhitungkan di
bidang produksi, pajak, penyedia lapangan kerja, dan lain sebagainnya.
Seringkali dari perusahaan kecil muncul gagasan-gagasan baru yang merupakan
terobosan penting dalam kondisi perekonomian yang tidak menguntungkan.
Perusahaan yang sekarang ini telah besar, seperti General Elektrik, IBM, PT
ASTRA International, dan lain-lain, yang pada mulanya adalah perusahaan kecil.
Dengan kiat-kiat tertentu dari pelaku bisnis, perusahaan kecil dapat berkembang
dengan pesat menjadi perusahaan besar.
Kiat-Kiat Memilih Usaha dengan Cara
Waralaba (Franchising)
Terdapat kiat-kiat
tertentu dalam memilih waralaba yang baik bagi seseorang yang ingin terjun
dalam dunia bisnis, tetapi tidak memiliki pengalaman dalam berbisnis. Waralaba
yang baik adalah usaha yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti
makan,minum, pendidikan, salon, dan lain-lain. Terdapat dua hal yang penting
dalam menentukan waralaba, yaitu keteraturan zona wilayah persebaran unit
waralaba di setiap daerah. Apakah pihak pemberi waralaba membatasi para pelaku
yang bermain di wilayah tertentu atau tidak. Sehingga tidak terjadi persaingan
antar perwaralaba. Selain itu berhati-hati dalam menjalani bisnis waralaba,
karena sering terjadi kerancauan antara waralaba dan Business
Opportunity (BO). Ada beberapa cara dalam memilih usaha waralaba, diantaranya
yaitu :
- Produk yang dijual harus disukai semua orang.
- Merek dagang produk harus sudah dikenal.
- Harus standar dalam segala aspek (produk, manajemen, tata ruang, dan lain-lain).
Jenis-Jenis Usaha Yang Potensial
- Jenis usaha waralaba sektor makanan.
Contoh : ice cream, fastfood, makanan
ringan, cemilan, dll.
- Jenis Usaha Waralaba Sektor Ritel.
Contoh : minimarket, supermarket,
hypermarket, dll.
- Jenis Usaha Waralaba Sektor Jasa.
Contoh : Bengkel, Salon, Tempat Les
Privat, dll.
- Jenis Usaha Waralaba Sektor Farmasi.
Contoh : apotik.
Ciri-Ciri Perusahaan Kecil
- Kekuatan dan kelemahan perusahaan kecil
Fakta menunjukan, banyak
wiraswastawan memulai aktivitasnya dalam perusahaan kecil sebelum akhirnya
berkembang menjadi besar. Berbagai bidang usaha memberikan kesempatan usaha,
tingkat perolehan keuntungan, maupun tingkat resiko yg berbeda-beda.Terlepas
dari bbidang usaha yang dipilih, sebagaimanna dijumpai pada hampircsemua
kondisi, perusahaan kecil juga memiliki kekuatan dan kelemahan. Kekuatan
perusahaan kecil terutama berkenaan dengan kebebasanya untuk bertindak dan
menyesuaikan diri dengan kebutuhan setempat. Sebaliknya kelemahan perusahaan
kecil terutama berkaitan dengan spesilalisasi, modal dan jaminan pekerjaan
terhadap karyawannya.
- Keuntungan perusahaan kecil
Kebebasan dalam bertindak mengacu
pada flekksibilitas perusahaan dan kecepatannya dalam mengantisipasi perubahan
tuntutann pasar. Hal ini lebih dimungkinkan pada perusahaan kecil karena ruang
lingkup pelayanan relatif kecil. Sehingga penyesuaian terhadap adopsi teknologi
yang sesuai denagn kebutuhan pasar dapat dilaksanakan dengan cepat
- Kelemahan perusahaan kecil
Perusahaan dalam bertindak mengacu
pada flekksibilitas perusahaan dan kecepatannya dalam mengantisipasi perubahan
tuntutann pasar. Hal ini lebih dimungkinkan pada perusahaan kecil karena ruang
lingkup pelayanan relatif kecil. Sehingga penyesuaian terhadap adopsi teknologi
yang sesuai denagn kebutuhan pasar dapat dilaksanakan dengan cepat.
- Cara mengembangkan perusahaan kecil
a. Penyebarluasan
dan pengembangan minat berusaha.
b. Pemberian
bantuan kredit dari bank dengan syarat lunak bagi para perusahan kecil.
c. Peningkatan
keterampilan angkatan kerja dengaann perluasan kesempatan kerja.
d. Perbaikan personalia
perbankan.
e. Membentuk sentra industry
kecil di pedesaan.
f. Pembatasan investasi pada industri padat modal.
g. Pemerintah melalui
departemen terkait menyediakan fasilitas.
Perbedaan Kewirausahaan dan
Perusahaan Kecil
Kewirausahaan adalah
suatu profesi yang timbul karena interaksi antara ilmu pengetahuan yang dapat
diperoleh dari pendidikan formal dengan seni yang hanya dapat digali dengan
rangkaian kerja yang diberikan dalam praktek perbedaan dengan bisnis kecil
dalam penanganannya karena dalam berbagai tempat diakui keberadaan pengusaha
kecil terkait dengan kewirausahaan.
Comments
Post a Comment