BISNIS IMPIAN "KAFE EXCELSO"
BISNIS IMPIAN “KAFE EXCELSO”
Nama : Putri Ayudya Safitri
NPM : 24217767
Kelas : 1EB02
Jurusan : Akuntansi
Fakultas : Ekonomi
Dosen : SRI RAKHMAWATI, SE.,MMA
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2017/2018
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.................................................................................................
3
Bab I Pendahuluan...........................................................................................
4
1.1. Latar belakang..............................................................................................
4
1.2. Rumusan masalah.........................................................................................
6
1.3. Tujuan..........................................................................................................
6
Bab II Pembahasan...........................................................................................
7
2.1. Bagaimana sejarah bisnis tersebut? ............................................................. 7
2.2. Bagaimana strategi pemasaran yang digunakakan? .................................... 8
2.3. Apa kelebihan dan kelemahan yang dimiliki Excelso? ............................... 9
2.4. Apa saja hal hal yang perlu diperhatikan? ...................................................11
Bab III Penutupan............................................................................................
15
3.1. Kesimpulan..................................................................................................
15
Daftar Pustaka..................................................................................................
16
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatnya
sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai.
Dan harapan saya
semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca,
untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar
menjadi lebih baik lagi.
Karena
keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya, saya yakin masih banyak
kekurangan dalam makalah ini, oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran
dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Pada
Perkembangan bisnis cafe di Indonesia saat ini sedang berkembang sangat pesat.
Hal ini dapat dilihat Banyaknya cafe yang bermunculan dikarenakan cafe sudah
menjadi lifestyle bagi kebanyakan orang di jaman sekarang, dengan menyediakan
tempat dengan desain interior yang menarik serta menawarkan suasana yang nyaman
dan menyenangkan. Serta menyediakan berbagai macam konsep seperti alunan musik
jazz dan sejarah tentang pembuatan kopi yang menarik minat beli konsumen.
Meningkatnya
perekonomian di Indonesia yang diikuti dengan peningkatan penghasilan
masyarakat, terutama di kota-kota besar dapat merubah gaya hidup masyarakat
saat ini menjadi konsumtif. Salah satu kota besar seperti Surabaya mempunyai
karakteristik masyarakat yang cenderung gaya hidupnya suka nongkrong.
Berkembangnya gaya hidup yang terjadi di Surabaya, mendorong semakin banyaknya
dibuka pusat perbelanjaan (mall) sebagai tempat untuk berbelanja (shopping) dan
tempat nongkrong (Semuel dan Dharmayanti, 2013).
Terdapat banyak
Pusat perbelanjaan (mall) di Surabaya salah satunya Surabaya Town square atau sering disebut
Sutos. Surabaya Town Square merupakan
mall modern yang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu mall yang mengutamakan
fasilitas restaurant dan cafe dibanding sebagai pusat perbelanjaan. Sutos saat
ini adalah tempat nongkrong yang popular dan ramai dikunjungi oleh kalangan
anak muda. Di Sutos terdapat banyak cafe salah satunya adalah cafe Excelso
(Wijaya dan Siswanto, 2013).
Cafe Excelso
adalah sebuah cafe sederhana yang didirikan untuk memperkenalkan merk kopi
excelso, excelso saat ini telah menjadi 2 trensetter bagi para penikmat gaya
hidup minum kopi di indonesia dengan layanan cepat saji dan luas gerai yang
kecil serta tampilan desain kreatif minimalis, excelso express cocok untuk
mereka yang ingin menikmati kopi secara cepat. Selain itu di Excelso terdapat
pula berbagai minuman dengan campuran kopi baik panas maupun dingin, misalnya
beberapa minuman yang sangat terkenal adalah avocado coffee, coffee float, mega
mocca shake, pearl coffee dan frappio, yaitu frozzen drink kopi yang sangat
nikmat dengan berbagai pilihan rasa. Untuk yang tidak menyukai kopi, tersedia
juga berbagai pilihan teh dan minuman dengan bahan dasar buah.
Pada era
persaingan bisnis yang semakin ketat ini, menanamkan persepsi positif bagi
konsumen merupakan faktor penting dalam kesuksesan penjualan suatu usaha, maka
dari itu para pebisnis cafe perlu memberikan pengalaman yang berbeda bagi
konsumen guna menyentuh sisi emosional konsumen. Konsep Experiential Marketing
yang dikemukakan Schmitt (1999; dalam Indriani, 2006) menyatakan bahwa demi
mendekati, mendapatkan dan mempertahankan konsumen loyal, produsen melalui
produknya perlu menghadirkan pengalaman-pengalaman yang unik, positif harus
didukung dengan kualitas pelayanan yang baik, agar pelanggan puas dan loyal.
Oleh karena itu peran Experiential Marketing, Service Quality, Satisfaction dan
Loyalty perlu diperhatikan, agar mampu mempertahankan posisinya dalam
persaingan saat ini.
PT. Excelso
Multi Rasa yang berdiri sejak tahun 1990 adalah anak perusahaan dari Kapal Api
Group. Kapal Api sendiri berdiri sejak tahun 1927, bergerak dibidang usaha kopi
dengan merk pertama Kopi Kapal Api dan saat ini telah menjadi pemimpin pasar
dalam penjualan kopi di Indonesia. Excelso berasal dari kata “So” dan
“Excelent” yang digabungkan menjadi “Excelso”. Excelso adalah kedai kopi
terbesar di Indonesia dan dibuka pertama kali di Plaza Indonesia. Jumlah gerai
Excelso saat ini telah mencapai lebih dari 70 gerai yang tersebar di lebih dari
17 kota besar di Indonesia, yaitu: Jakarta, Solo, Manado, Palembang, Bogor,
Surabaya, Balikpapan, Bandung, Malang, Medan, Yogyakarta, Bali, Pekan baru,
Semarang, Makassar, Batam. Excelso memiliki 3 (tiga) konsep pelayanan yaitu,
de’ Excelso yaitu konsep kafe resto dengan desain yang lebih mewah dan berbeda
di setiap gerainya, pelayanan yang lebih personal, penyajian yang lebih baik
serta pilihan makanan dan minuman yang lebih banyak.
Semakin
berkembangnya bisnis cafe di Indonesia cafe excelso berusaha menjaga agar
konsumen tetap loyal dan puas. Cafe excelso juga melakukan experiential marketing
dengan cara memberikan peluang pada pelanggan untuk memperoleh serangkaian
pengalaman atas produk dan jasa yang memberikan cukup informasi untuk melakukan
pembelian ulang.
Cafe Excelso di
Sutos juga harus memberikan kualitas layanan (service quality) yang baik kepada
pelanggan dengan memberikan pelayanan yang sopan, ramah, dan menyenangkan
sehingga pelanggan merasa dihargai dan puas agar dapat menciptakan pelanggan
yang loyal.
1.2.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana
sejarah bisnis tersebut ?
2.
Bagaimana
strategi pemasaran yang digunakan ?
3.
Apa
kelebihan dan kelemahan yang dimiliki Excelso ?
4.
Apa
kelebihan dan kelemahan yang dimiliki Excelso ?
5.
Apa
saja hal hal yang perlu diperhatikan ?
1.3.
Tujuan
1.
Mengetahui
sejarah bisnis tersebut.
2.
Mengetahui
stretegi pemasaran yang digunakan.
3.
Mengetahui
kelebihan dan kelemahan yang dimiliki.
4.
Mengetahui
hal-hal yang perlu diperhatikan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Bagaimana Sejarah
Bisnis Tersebut?
EXCELSO pertama
dibuka pada bulan September 1991 di Plaza Indonesia, Jakarta, untuk mendukung
merek kopi yang baru diciptakan oleh PT. Santos Jaya Abadi pada waktu itu,
yaitu kopi EXCELSO.
Kopi EXCELSO
dibuat dan dipasarkan tetap dalam bentuk kopi biji dengan alasan :
·
Memenuhi
kebutuhan kopi kelas bawah hingga menengah ke atas
·
Menghapus
image kopi campuran (kopi dicampur dengan jagung)
Kopi dengan
kualitas terbaik adalah masih berbentuk biji dan baru digiling apabila akan
diseduh, sehingga benar-benar terjaga citarasanya.
Kafe EXCELSO
didirikan untuk mendukung pemasaran dan image yang hendak diciptakan
untuk kopi EXCELSO . Dengan memilih pasar kelas menengah ke atas, maka kopi
EXCELSO hanya dapat ditemui di supermarket-supermarket tertentu dan di
Kafe EXCELSO sendiri. Dengan adanya Kafe EXCELSO , maka masyarakat dapat
menikmati kopi yang diseduh secara langsung begitu dipesan (digiling dan
langsung diseduh didalam mesin), dengan kualitas kopi terbaik yang hanya
terdapat di Kafe EXCELSO.
Kafe EXCELSO
terdiri dari tiga model yaitu de'Excelso, Kafe Excelso, dan Excelso Express.
Model de'Excelso dibangun dengan konsep café resto dengan desain yang lebih
mewah dan berbeda di setiap gerainya, pelayanan yang lebih personal, penyajian
yang lebih baik serta pilihan makanan dan minuman yang lebih banyak. Kafe
Excelso merupakan gerai dengan konsep kafe. Dan Excelso Express merupakan mini
kafe atau gerai kecil.
Sejak didirikan
sampai dengan saat ini, EXCELSO terus berkembang dalam jumlah gerai, konsep
pelayanan, desain serta jenis kopi, makanan & minuman yang disajikan. Hal
ini seiring dengan tuntutan masyarakat yang telah menjadikan kopi sebagai
bagian dari gaya hidup.
Jumlah gerai
EXCELSO saat ini telah mencapai 126 buah gerai yang tersebar di lebih
dari 30 kota di Indonesia .
2.2. Bagaimana Strategi
Pemasaran Yang Digunakan?
Strategi
Pemasaran Berdasarkan hasil survei dan strategi pemasaran Excelso yang telah
ada maka berikut ini kami rekomendasikan beberapa rangkaian strategi pemasaran
untuk membentuk loyalitas merek Excelso yang lebih mendalam di hati customer,
khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya agar mencapai tahapan premium
loyalty. Untuk menaikkan tingkat loyalty dari customer Excelso maka pihak
management Excelso hendaknya membentuk suatu hubungan yang lebih mendalam
dengan customer-nya secara lebih efektif melalui Strategic Loyalty Management
Program.
Untuk mencapai
strategic loyalty management yang baik sangat penting untuk mempertahankan
customer dengan nilai benefit yang tinggi bagi Excelso secara lebih efektif dan
efisien. Beberapa hal yang akan dilakukan adalah:
a. Customer Tiering
Disebabkan oleh
beragamnya jenis customer yang ada, maka agar program loyalty yang dirancang
dapat sampai pada tujuannya, customer perlu digolongkan untuk lebih mempermudah
penyampaian. Adapun pembagian customer itu sendiri dapat mempertimbangkan
berbagai hal seperti kebutuhan customer, kontribusi profit margin yang
diberikan, kebiasaan, demografi dan sebagainya.
b. Positioning
Berikut adalah positioning dari Excelso :
1. Outlet Design dan Layout Excelso telah memposisikan kafenya
sebagai the fine coffee place, sehingga penting bagi Excelso untuk
memperhatikan design store-nya yang standard di setiap outlet dan menunjukkan
corporate identity Excelso sehingga mudah bagi customer mengenali tempat minum
favoritnya dan memperoleh kenyamanan yang sama di outlet Excelso manapun juga.
2. Product Variety and Service Quality Dengan R&D yang kuat
Excelso telah menunjukkan posisinya sebagai kafe dengan variasi produk minuman
kopi yang beragam. Terbukti dengan adanya launch minuman baru setiap 2 – 3
bulan sekali. Hal tersebut merupakan salah satu strength Excelso. Namun di
samping itu, Excelso tetap harus melakukan customer behavior survey untuk
mengantisipasi terjadinya perubahan trend dan selera dari customer-nya itu
sendiri.
Customer yang
datang ke Excelso mempunyai pemikiran bahwa mereka pasti akan mendapatkan
service dari para waiter dan waitress Excelso. Hal pertama yang dapat membuat
customer menjadi senang adalah karena service dan hal pertama yang akan membuat
customer lari juga berasal dari service. Oleh sebab itu penting bagi Excelso
untuk selalu mengelola waiter dan waitress, baik itu dengan pemberian training
secara berkala maupun dengan pemberian motivasi yang membangun.
2.3. Apa Kelebihan Dan Kelemahan Yang Dimiliki Excelso?
Kelebihan yang dimiliki Excelso :
1.
Variasi
minuman
Banyaknya
variasi minuman baik kopi maupun non-kopi menjadikan produk yang ditawarkan
Excelso memilik rasa yang unik yang tidak ditemui di kafe lain. Excelso
menawarkan campuran minuman kopi dengan buah-buahan, kacang, ice cream, dan
sedikit alkohol. Salah satu minuman kopi andalan adalah Avocado Coffee yang
merupakan hasil campuran dengan alpukat, yang banyak diminati oleh customer.
Sementara untuk minuman non-kopi, Excelso mencoba mencampur berbagai jenis
buah-buahan untuk mendapatkan rasa yang segar.
Untuk
mendapatkan minuman yang bervariasi, departemen R&D melakukan inovasi dan
memperkenalkan produk baru setiap 2-3 bulan sekali. Kemudian produk baru
tersebut dimonitor perkembangannya baik dari hasil penjualan maupun pendapat customer.
Setelah enam bulan, bila didapatkan hasil yang memuaskan, maka produk baru
tersebut dijadikan produk tetap dan disertakan dalam buku menu. Di samping itu,
Excelso juga mengikutsertakan customernya untuk menciptakan rasa minuman
yang baru dengan menampung pendapat dan saran customer. Salah satu
minuman kopi dengan campuran kacang, yang merupakan hasil kerjasama dengan customer
adalah Nutty Frappio.
2.
Pemilihan
lokasi yang strategis
Hampir seluruh
outlet Excelso berlokasi di area sentral (tengah) dari mal, plaza, maupun
gedung perkantoran. Lokasi yang eye-catching ini merupakan keuntungan
bagi Excelso karena pengujung mal dapat mengenali dan melihat kafe Excelso
dengan mudah.
3.
Wilayah
pelayanan yang luas
Sebagai pemain
lokal dalam bisnis ini, Excelso tidak hanya melayani customer di daerah
Jakarta dan sekitarnya saja, tetapi juga di kota-kota besar lainnya, bahkan
sampai ke luar pulau. Cakupan wilayah yang luas ini.
4.
Pelayanan
penuh (full customer service)
Salah satu
kekuatan terpenting yang dimiliki oleh Excelso adalah pelayanan terhadap customernya.
Konsep yang diterapkan pada kafe Excelso adalah full service di mana customer
memesan menu dan pelayan siap untuk mencatat dan menjawab semua pertanyaan customer
serta merekomendasikan menu pilihan, sehingga customer tidak perlu
antri untuk mendapatkan makanan dan minuman.
Kelemahan yang dimiliki Excelso :
- Program Member Card yang kurang efektif Keberadaan member card yang seharusnya menjadi salah satu alat untuk me-maintain customer belum dapat dimanfaatkan secara maksimal, dan hanya berfungsi sebagai kartu diskon saja. Di samping itu, kurang adanya sosialisasi member card kepada customer terutama dari pelayan kafe sehingga menyebabkan customer tidak mengetahui adanya program loyalti tersebut.
- Desain outlet yang sempit dan kurang menunjukkan ciri khas Excelso Salah satu faktor yang mempengaruhi customer untuk mengunjungi kafe adalah desain outlet yang mampu menciptakan suasana yang berbeda. Sebagai pemain lama, Excelso harus mampu menyesuaikan konsep outletnya dengan keadaan sekarang tanpa menghilangkan ciri khasnya sehingga dapat memberikan memorable experience bagi customer. Di samping itu harus juga memperhatikan penataan outlet sehingga dapat menampung kapasitas yang lebih banyak di saat peak hour.
- Kurangnya komitmen dari waiter & waitress dalam memberikan kualitas pelayanan yang terbaik kepada customer. Sebagai kafe yang mementingkan pelayanan, Excelso harus memperhatikan kemampuan pelayan kafe yang berhubungan langsung dengan customer. Di samping kemampuan teknik, para pelayan kafe harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dan memiliki pengetahuan tentang produk yang ditawarkan serta komitmen yang tinggi didalam melayani customer.
2.4. Apa saja Hal-Hal Yang Diperhatikan?
A.
Lingkungan
Eksternal (peluang dan ancaman)
Perusahaan harus mampu
mengidentifikasi perubahan-perubahan lingkungan eksternal yang dapat
mempengaruhi bisnisnya, seperti perubahan politik, ekonomi, sosial dan
teknologi.
Ketidakstabilan kondisi negara
Indonesia dapat berdampak negatif terhadap keadaan ekonomi yang berkaitan
langsung dengan pertumbuhan industri. Adanya perubahan gaya hidup masyarakat
Indonesia dalam cara mengkonsumsi minuman kopi, khususnya di kota-kota besar,
berdampak positif terhadap pertumbuhan bisnis kafe. Perkembangan teknologi mobile
dan wireless, merupakan fasilitas tambahan yang dapat ditawarkan
oleh kafe-kafe, di samping menyajikan makanan dan minuman serta menciptakan
suasana yang nyaman.
Peluang-peluang yang potensial bagi Excelso:
Dengan
mengidentifikasikan kondisi lingkungan eksternal, perusahaan dapat
mendefinisikan peluang-peluang baru dan ancaman-ancaman yang akan dihadapi
seiring dengan pertumbuhan perusahaan.
1.
Perubahan
gaya hidup khususnya masyarakat perkotaan
Trend
yang terjadi sekarang adalah kafe bukan lagi hanya sekedar tempat untuk makan
dan minum, tetapi juga dijadikan sebagai tempat untuk bersosialisasi,
berbisnis, bahkan bagi sebagian kalangan kafe dijadikan sebagai pelengkap jati
dirinya. Dengan adanya kecenderungan seperti ini, Excelso harus mampu
menciptakan suasana yang mendukung keinginan customer.
2.
Memperluas
pangsa pasar dengan bisnis waralaba Saat ini semakin banyak bisnis waralaba
baik dari perusahaan lokal maupun asing. Salah satu tujuannya adalah untuk
dapat menjangkau lebih banyak customer. Excelso dapat memperluas pangsa
pasarnya melalui bisnis waralaba dengan tetap memperhatikan kualitasnya.
3.
Ekspansi
outlet-outlet, khususnya di Jakarta Melihat perubahan gaya hidup khususnya
masyarakat perkotaan, Jakarta menjadi salah satu wilayah yang paling potensial
untuk bisnis kafe. Sebagai first mover, saat ini Excelso hanya mempunyai
sembilan outlet di Jakarta dibandingkan Starbucks yang baru masuk ke Indonesia
sekitar tahun 2002, telah mempunyai 22 outlet di wilayah Jakarta. Hal ini
menjadi suatu peluang bagi Excelso untuk lebih agresif dalam memperluas
bisnisnya di Jakarta.
4.
Investasi
IT untuk meningkatkan dukungan terhadap pelaksanaan program pemasaran khususnya
peningkatan manajemen terhadap customer yang telah ada agar mereka tetap
setia menjadi customer Excelso, maka pengadaan infrastruktur teknologi
pendukung akan sangat membantu pihak manajemen untuk lebih mudah melakukan
pemantauan terhadap perkembangan perubahan keinginan dan kebiasaan customer-nya.
Dengan demikian akan lebih mempermudah bagi manajemen dalam merumuskan strategi
pemasaran.
5.
Diversifikasi
produk Dengan melakukan diversifikasi produk seperti membuat merchandise produk
ataupun gimmick yang berhubungan dengan identitas produk Excelso adalah
merupakan peluang bagi Excelso untuk dapat lebih meningkatkan existing brand
image-nya.
Sementara itu, perusahaan harus memperhatikan ancaman yang dianggap
membahayakan bagi bisnisnya :
1.
Banyaknya
pesaing dan pendatang baru dalam industri sejenis baik pemain lokal maupun
pemain asing. Persaingan dalam bisnis kafe semakin ketat terutama dari pemain
asing yang sudah memiliki brand yang kuat dan customer yang
loyal. Di samping itu Semakin banyaknya pelajar Indonesia yang bersekolah di
luar negeri menyebabkan mereka sudah tidak asing lagi dengan nama-nama seperti
Starbucks, Coffee Bean and Tea Leaf, dan Gloria Jean’s Coffee. Kemudahan
masuknya pendatang baru juga dapat menjadi ancaman bagi Excelso.
2.
Loyalitas
customer Dalam bisnis kafe yang terpenting adalah service yang
ditawarkan, karena menyangkut bagaimana memenangkan hati customer.
Mereka dapat dengan mudah beralih ke competitor lain jika merasa tidak
puas. Selain itu faktor switching cost yang rendah menyebabkan customer
lebih memilih brand yang lain. Tetapi bila kafe dapat menciptakan memorable
experience bagi customer maka dapat tercapai customer
satisfaction yang nantinya menghasilkan brand loyalty.
3.
Brand
image pemimpin pasar yang kuat Starbucks
merupakan salah satu strong competitor Excelso merupakan brand asing
yang sudah mempunyai nama besar dan mendunia dalam bisnis Kafe, dengan
kerjasama join venture-nya bersama PT. Sari Kopi Indonesia, Starbucks
telah menunjukkan bahwa ia memiliki brand image yang sangat kuat.Untuk
mendapatkan minuman yang bervariasi, departemen R&D melakukan inovasi dan
memperkenalkan produk baru setiap 2-3 bulan sekali. Kemudian produk baru
tersebut dimonitor perkembangannya baik dari hasil penjualan maupun pendapat customer.
Setelah enam bulan, bila didapatkan hasil yang memuaskan, maka produk baru
tersebut dijadikan produk tetap dan disertakan dalam buku menu. Di samping itu,
Excelso juga mengikutsertakan customernya untuk menciptakan rasa minuman
yang baru dengan menampung pendapat dan saran customer. Salah satu
minuman kopi dengan campuran kacang, yang merupakan hasil kerjasama dengan customer
adalah Nutty Frappio.
4.
Pemilihan
lokasi yang strategis hampir seluruh outlet Excelso berlokasi di area sentral
(tengah) dari mal, plaza, maupun gedung perkantoran. Lokasi yang eye-catching
ini merupakan keuntungan bagi Excelso karena pengujung mal dapat mengenali
dan melihat kafe Excelso dengan mudah.
5.
Wilayah
pelayanan yang luas sebagai pemain lokal dalam bisnis ini, Excelso tidak hanya
melayani customer di daerah Jakarta dan sekitarnya saja, tetapi juga di
kota-kota besar lainnya, bahkan sampai ke luar pulau. Cakupan wilayah yang luas
ini.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
inovasi adalah salah satu strategi
keberhasilan ekcelso dengan terus berinovasi dan mengembangkan produknya dengan
memahami kebutuhan dan perilaku konsumen.
Selain berinovasi dalam produk,
tempat, dan strategi pemasaran; perlalatan penjualan baru juga dikembangkan ke
arah yang lebih baik.
Kunci sukses inovasi tersebut adalah
menjalin kerjasama dengan costumer dalam memasarkan produknya.
Customer Excelso adalah masyarakat kalangan
menengah kepuasan kostumer harus di utamakan.
DAFTAR PUSTAKA
Comments
Post a Comment