MANAJEMEN PEMASARAN
MANAJEMEN
PEMASARAN
Pengertian
Manajemen Pemasaran
Manajemen
pemasaran merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian
program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan
pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk
mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba.
Pengertian
Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- (Kotler, 1980) Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.
- (Dharmmesta & Handoko, 1982) Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.
- (Kotler & Amstrong) Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang di design untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan perusahaan.
- (American Marketing Association) Pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran.
- (Philip Kotler) dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control, mendefinisikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
- (William J. Stanton) Definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Konsep Manajemen
Pemasaran
Falsafah
konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan
pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep
pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.
Secara
definitif dapat dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis
yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan
sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:
Elemen Penting dalam Konsep Pemasaran:
- Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen.
- Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu.
- Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen.
Konsep
Manajemen pada hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh
manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.
Beberapa
istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran
1.
Produk
(barang, jasa, ide) Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada
manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan menyukai
produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga
perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus,
menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya manajemen
harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.
2.
Nilai
Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan
/ diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki
serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.
3.
Biaya
Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
4.
Kepuasan
Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara
harapan dan kenyataan), Kepuasan (customer satisfaction): tingkatan
dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance) poduk akan sesuai
dengan harapan seorang pembeli atau tidak
5.
Pasar
Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi
terhadap suatu produk.
Perencanaan
Strategi Pemasaran
Strategi
Pemasaran (Marketing Strategy) adalah proses menentukan
target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:
1.
Target Market
adalah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani
permintaannya oleh perusahaan.
2.
Bauran
Pemasaran(Marketing Mix) adalah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan
dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing Mix adalah
kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem
pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan
sistem saluran distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai
sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi
yang sangat strategis dipasar.
Sumber :
Comments
Post a Comment