BISNIS IMPIAN "KAFE EXCELSO"



BISNIS IMPIAN “KAFE EXCELSO”





Nama               : Putri Ayudya Safitri
NPM               : 24217767
Kelas               : 1EB02
Jurusan            : Akuntansi
Fakultas           : Ekonomi
Dosen              : SRI RAKHMAWATI, SE.,MMA


UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2017/2018


DAFTAR ISI

Kata Pengantar.................................................................................................  3
Bab I Pendahuluan...........................................................................................  4
1.1. Latar belakang.............................................................................................. 4
1.2. Rumusan masalah......................................................................................... 6
1.3. Tujuan..........................................................................................................  6
Bab II Pembahasan........................................................................................... 7
2.1. Bagaimana sejarah bisnis tersebut? ............................................................. 7
2.2. Bagaimana strategi pemasaran yang digunakakan? .................................... 8
2.3. Apa kelebihan dan kelemahan yang dimiliki Excelso? ............................... 9
2.4. Apa saja hal hal yang perlu diperhatikan? ...................................................11
Bab III Penutupan............................................................................................ 15
3.1. Kesimpulan.................................................................................................. 15
Daftar Pustaka.................................................................................................. 16


KATA PENGANTAR
  
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatnya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai.

            Dan harapan saya semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

            Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya, saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.



BAB I
PENDAHULUAN

          1.1.         Latar Belakang

Pada Perkembangan bisnis cafe di Indonesia saat ini sedang berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dilihat Banyaknya cafe yang bermunculan dikarenakan cafe sudah menjadi lifestyle bagi kebanyakan orang di jaman sekarang, dengan menyediakan tempat dengan desain interior yang menarik serta menawarkan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Serta menyediakan berbagai macam konsep seperti alunan musik jazz dan sejarah tentang pembuatan kopi yang menarik minat beli konsumen.
Meningkatnya perekonomian di Indonesia yang diikuti dengan peningkatan penghasilan masyarakat, terutama di kota-kota besar dapat merubah gaya hidup masyarakat saat ini menjadi konsumtif. Salah satu kota besar seperti Surabaya mempunyai karakteristik masyarakat yang cenderung gaya hidupnya suka nongkrong. Berkembangnya gaya hidup yang terjadi di Surabaya, mendorong semakin banyaknya dibuka pusat perbelanjaan (mall) sebagai tempat untuk berbelanja (shopping) dan tempat nongkrong (Semuel dan Dharmayanti, 2013).
Terdapat banyak Pusat perbelanjaan (mall) di Surabaya salah satunya  Surabaya Town square atau sering disebut Sutos. Surabaya Town  Square merupakan mall modern yang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu mall yang mengutamakan fasilitas restaurant dan cafe dibanding sebagai pusat perbelanjaan. Sutos saat ini adalah tempat nongkrong yang popular dan ramai dikunjungi oleh kalangan anak muda. Di Sutos terdapat banyak cafe salah satunya adalah cafe Excelso (Wijaya dan Siswanto, 2013).
Cafe Excelso adalah sebuah cafe sederhana yang didirikan untuk memperkenalkan merk kopi excelso, excelso saat ini telah menjadi 2 trensetter bagi para penikmat gaya hidup minum kopi di indonesia dengan layanan cepat saji dan luas gerai yang kecil serta tampilan desain kreatif minimalis, excelso express cocok untuk mereka yang ingin menikmati kopi secara cepat. Selain itu di Excelso terdapat pula berbagai minuman dengan campuran kopi baik panas maupun dingin, misalnya beberapa minuman yang sangat terkenal adalah avocado coffee, coffee float, mega mocca shake, pearl coffee dan frappio, yaitu frozzen drink kopi yang sangat nikmat dengan berbagai pilihan rasa. Untuk yang tidak menyukai kopi, tersedia juga berbagai pilihan teh dan minuman dengan bahan dasar buah.
Pada era persaingan bisnis yang semakin ketat ini, menanamkan persepsi positif bagi konsumen merupakan faktor penting dalam kesuksesan penjualan suatu usaha, maka dari itu para pebisnis cafe perlu memberikan pengalaman yang berbeda bagi konsumen guna menyentuh sisi emosional konsumen. Konsep Experiential Marketing yang dikemukakan Schmitt (1999; dalam Indriani, 2006) menyatakan bahwa demi mendekati, mendapatkan dan mempertahankan konsumen loyal, produsen melalui produknya perlu menghadirkan pengalaman-pengalaman yang unik, positif harus didukung dengan kualitas pelayanan yang baik, agar pelanggan puas dan loyal. Oleh karena itu peran Experiential Marketing, Service Quality, Satisfaction dan Loyalty perlu diperhatikan, agar mampu mempertahankan posisinya dalam persaingan saat ini.
PT. Excelso Multi Rasa yang berdiri sejak tahun 1990 adalah anak perusahaan dari Kapal Api Group. Kapal Api sendiri berdiri sejak tahun 1927, bergerak dibidang usaha kopi dengan merk pertama Kopi Kapal Api dan saat ini telah menjadi pemimpin pasar dalam penjualan kopi di Indonesia. Excelso berasal dari kata “So” dan “Excelent” yang digabungkan menjadi “Excelso”. Excelso adalah kedai kopi terbesar di Indonesia dan dibuka pertama kali di Plaza Indonesia. Jumlah gerai Excelso saat ini telah mencapai lebih dari 70 gerai yang tersebar di lebih dari 17 kota besar di Indonesia, yaitu: Jakarta, Solo, Manado, Palembang, Bogor, Surabaya, Balikpapan, Bandung, Malang, Medan, Yogyakarta, Bali, Pekan baru, Semarang, Makassar, Batam. Excelso memiliki 3 (tiga) konsep pelayanan yaitu, de’ Excelso yaitu konsep kafe resto dengan desain yang lebih mewah dan berbeda di setiap gerainya, pelayanan yang lebih personal, penyajian yang lebih baik serta pilihan makanan dan minuman yang lebih banyak.
Semakin berkembangnya bisnis cafe di Indonesia cafe excelso berusaha menjaga agar konsumen tetap loyal dan puas. Cafe excelso juga melakukan experiential marketing dengan cara memberikan peluang pada pelanggan untuk memperoleh serangkaian pengalaman atas produk dan jasa yang memberikan cukup informasi untuk melakukan pembelian ulang. 
Cafe Excelso di Sutos juga harus memberikan kualitas layanan (service quality) yang baik kepada pelanggan dengan memberikan pelayanan yang sopan, ramah, dan menyenangkan sehingga pelanggan merasa dihargai dan puas agar dapat menciptakan pelanggan yang  loyal.

         1.2.         Rumusan Masalah
1.      Bagaimana sejarah bisnis tersebut ?
2.      Bagaimana strategi pemasaran yang digunakan ?
3.      Apa kelebihan dan kelemahan yang dimiliki Excelso ?
4.      Apa kelebihan dan kelemahan yang dimiliki Excelso ?
5.      Apa saja hal hal yang perlu diperhatikan ?

         1.3.         Tujuan
1.      Mengetahui sejarah bisnis tersebut.
2.      Mengetahui stretegi pemasaran yang digunakan.
3.      Mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki.
4.      Mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1.    Bagaimana Sejarah Bisnis Tersebut?

EXCELSO pertama dibuka pada bulan September 1991 di Plaza Indonesia, Jakarta, untuk mendukung merek kopi yang baru diciptakan oleh PT. Santos Jaya Abadi pada waktu itu, yaitu kopi EXCELSO.
Kopi EXCELSO dibuat dan dipasarkan tetap dalam bentuk kopi biji dengan alasan :
·         Memenuhi kebutuhan kopi kelas bawah hingga menengah ke atas
·         Menghapus image kopi campuran (kopi dicampur dengan jagung)
Kopi dengan kualitas terbaik adalah masih berbentuk biji dan baru digiling apabila akan diseduh, sehingga benar-benar terjaga citarasanya.
Kafe EXCELSO didirikan untuk mendukung pemasaran dan  image yang hendak diciptakan untuk kopi EXCELSO . Dengan memilih pasar kelas menengah ke atas, maka kopi EXCELSO hanya dapat ditemui di supermarket-supermarket tertentu dan di  Kafe EXCELSO  sendiri. Dengan adanya Kafe EXCELSO , maka masyarakat dapat menikmati kopi yang diseduh secara langsung begitu dipesan (digiling dan langsung diseduh didalam mesin), dengan kualitas kopi terbaik yang hanya terdapat di Kafe EXCELSO.
Kafe EXCELSO terdiri dari tiga model yaitu de'Excelso, Kafe Excelso, dan Excelso Express. Model de'Excelso dibangun dengan konsep café resto dengan desain yang lebih mewah dan berbeda di setiap gerainya, pelayanan yang lebih personal, penyajian yang lebih baik serta pilihan makanan dan minuman yang lebih banyak. Kafe Excelso merupakan gerai dengan konsep kafe. Dan Excelso Express merupakan mini kafe atau gerai kecil.
Sejak didirikan sampai dengan saat ini, EXCELSO terus berkembang dalam jumlah gerai, konsep pelayanan, desain serta jenis kopi, makanan & minuman yang disajikan. Hal ini seiring dengan tuntutan masyarakat yang telah menjadikan kopi sebagai bagian dari gaya hidup.
Jumlah gerai EXCELSO saat ini telah mencapai  126 buah gerai yang tersebar di lebih dari 30  kota di Indonesia .

2.2.    Bagaimana Strategi Pemasaran Yang Digunakan?

Strategi Pemasaran Berdasarkan hasil survei dan strategi pemasaran Excelso yang telah ada maka berikut ini kami rekomendasikan beberapa rangkaian strategi pemasaran untuk membentuk loyalitas merek Excelso yang lebih mendalam di hati customer, khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya agar mencapai tahapan premium loyalty. Untuk menaikkan tingkat loyalty dari customer Excelso maka pihak management Excelso hendaknya membentuk suatu hubungan yang lebih mendalam dengan customer-nya secara lebih efektif melalui Strategic Loyalty Management Program.
Untuk mencapai strategic loyalty management yang baik sangat penting untuk mempertahankan customer dengan nilai benefit yang tinggi bagi Excelso secara lebih efektif dan efisien. Beberapa hal yang akan dilakukan adalah:

a. Customer Tiering
Disebabkan oleh beragamnya jenis customer yang ada, maka agar program loyalty yang dirancang dapat sampai pada tujuannya, customer perlu digolongkan untuk lebih mempermudah penyampaian. Adapun pembagian customer itu sendiri dapat mempertimbangkan berbagai hal seperti kebutuhan customer, kontribusi profit margin yang diberikan, kebiasaan, demografi dan sebagainya.

b. Positioning

Berikut adalah positioning dari Excelso :

1. Outlet Design dan Layout Excelso telah memposisikan kafenya sebagai the fine coffee place, sehingga penting bagi Excelso untuk memperhatikan design store-nya yang standard di setiap outlet dan menunjukkan corporate identity Excelso sehingga mudah bagi customer mengenali tempat minum favoritnya dan memperoleh kenyamanan yang sama di outlet Excelso manapun juga.

2. Product Variety and Service Quality Dengan R&D yang kuat Excelso telah menunjukkan posisinya sebagai kafe dengan variasi produk minuman kopi yang beragam. Terbukti dengan adanya launch minuman baru setiap 2 – 3 bulan sekali. Hal tersebut merupakan salah satu strength Excelso. Namun di samping itu, Excelso tetap harus melakukan customer behavior survey untuk mengantisipasi terjadinya perubahan trend dan selera dari customer-nya itu sendiri.
Customer yang datang ke Excelso mempunyai pemikiran bahwa mereka pasti akan mendapatkan service dari para waiter dan waitress Excelso. Hal pertama yang dapat membuat customer menjadi senang adalah karena service dan hal pertama yang akan membuat customer lari juga berasal dari service. Oleh sebab itu penting bagi Excelso untuk selalu mengelola waiter dan waitress, baik itu dengan pemberian training secara berkala maupun dengan pemberian motivasi yang membangun.

2.3. Apa Kelebihan Dan Kelemahan Yang Dimiliki Excelso?

Kelebihan yang dimiliki Excelso :

1.      Variasi minuman
Banyaknya variasi minuman baik kopi maupun non-kopi menjadikan produk yang ditawarkan Excelso memilik rasa yang unik yang tidak ditemui di kafe lain. Excelso menawarkan campuran minuman kopi dengan buah-buahan, kacang, ice cream, dan sedikit alkohol. Salah satu minuman kopi andalan adalah Avocado Coffee yang merupakan hasil campuran dengan alpukat, yang banyak diminati oleh customer. Sementara untuk minuman non-kopi, Excelso mencoba mencampur berbagai jenis buah-buahan untuk mendapatkan rasa yang segar.
Untuk mendapatkan minuman yang bervariasi, departemen R&D melakukan inovasi dan memperkenalkan produk baru setiap 2-3 bulan sekali. Kemudian produk baru tersebut dimonitor perkembangannya baik dari hasil penjualan maupun pendapat customer. Setelah enam bulan, bila didapatkan hasil yang memuaskan, maka produk baru tersebut dijadikan produk tetap dan disertakan dalam buku menu. Di samping itu, Excelso juga mengikutsertakan customernya untuk menciptakan rasa minuman yang baru dengan menampung pendapat dan saran customer. Salah satu minuman kopi dengan campuran kacang, yang merupakan hasil kerjasama dengan customer adalah Nutty Frappio. 

2.      Pemilihan lokasi yang strategis
Hampir seluruh outlet Excelso berlokasi di area sentral (tengah) dari mal, plaza, maupun gedung perkantoran. Lokasi yang eye-catching ini merupakan keuntungan bagi Excelso karena pengujung mal dapat mengenali dan melihat kafe Excelso dengan mudah. 

3.      Wilayah pelayanan yang luas
Sebagai pemain lokal dalam bisnis ini, Excelso tidak hanya melayani customer di daerah Jakarta dan sekitarnya saja, tetapi juga di kota-kota besar lainnya, bahkan sampai ke luar pulau. Cakupan wilayah yang luas ini.

4.      Pelayanan penuh (full customer service)
Salah satu kekuatan terpenting yang dimiliki oleh Excelso adalah pelayanan terhadap customernya. Konsep yang diterapkan pada kafe Excelso adalah full service di mana customer memesan menu dan pelayan siap untuk mencatat dan menjawab semua pertanyaan customer serta merekomendasikan menu pilihan, sehingga customer tidak perlu antri untuk mendapatkan makanan dan minuman.

Kelemahan yang dimiliki Excelso :

  1. Program Member Card yang kurang efektif Keberadaan member card yang seharusnya menjadi salah satu alat untuk me-maintain customer belum dapat dimanfaatkan secara maksimal, dan hanya berfungsi sebagai kartu diskon saja. Di samping itu, kurang adanya sosialisasi member card kepada customer terutama dari pelayan kafe sehingga menyebabkan customer tidak mengetahui adanya program loyalti tersebut.  
  2. Desain outlet yang sempit dan kurang menunjukkan ciri khas Excelso Salah satu faktor yang mempengaruhi customer untuk mengunjungi kafe adalah desain outlet yang mampu menciptakan suasana yang berbeda. Sebagai pemain lama, Excelso harus mampu menyesuaikan konsep outletnya dengan keadaan sekarang tanpa menghilangkan ciri khasnya sehingga dapat memberikan memorable experience bagi customer. Di samping itu harus juga memperhatikan penataan outlet sehingga dapat menampung kapasitas yang lebih banyak di saat peak hour.
  3. Kurangnya komitmen dari waiter & waitress dalam memberikan kualitas pelayanan yang terbaik kepada customer. Sebagai kafe yang mementingkan pelayanan, Excelso harus memperhatikan kemampuan pelayan kafe yang berhubungan langsung dengan customer. Di samping kemampuan teknik, para pelayan kafe harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dan memiliki pengetahuan tentang produk yang ditawarkan serta komitmen yang tinggi didalam melayani customer.

2.4. Apa saja Hal-Hal Yang Diperhatikan?

            A.    Lingkungan Eksternal (peluang dan ancaman)
Perusahaan harus mampu mengidentifikasi perubahan-perubahan lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi bisnisnya, seperti perubahan politik, ekonomi, sosial dan teknologi.
Ketidakstabilan kondisi negara Indonesia dapat berdampak negatif terhadap keadaan ekonomi yang berkaitan langsung dengan pertumbuhan industri. Adanya perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia dalam cara mengkonsumsi minuman kopi, khususnya di kota-kota besar, berdampak positif terhadap pertumbuhan bisnis kafe. Perkembangan teknologi mobile dan wireless, merupakan fasilitas tambahan yang dapat ditawarkan oleh kafe-kafe, di samping menyajikan makanan dan minuman serta menciptakan suasana yang nyaman.

Peluang-peluang yang potensial bagi Excelso:

Dengan mengidentifikasikan kondisi lingkungan eksternal, perusahaan dapat mendefinisikan peluang-peluang baru dan ancaman-ancaman yang akan dihadapi seiring dengan pertumbuhan perusahaan.

1.      Perubahan gaya hidup khususnya masyarakat perkotaan
Trend yang terjadi sekarang adalah kafe bukan lagi hanya sekedar tempat untuk makan dan minum, tetapi juga dijadikan sebagai tempat untuk bersosialisasi, berbisnis, bahkan bagi sebagian kalangan kafe dijadikan sebagai pelengkap jati dirinya. Dengan adanya kecenderungan seperti ini, Excelso harus mampu menciptakan suasana yang mendukung keinginan customer.

2.      Memperluas pangsa pasar dengan bisnis waralaba Saat ini semakin banyak bisnis waralaba baik dari perusahaan lokal maupun asing. Salah satu tujuannya adalah untuk dapat menjangkau lebih banyak customer. Excelso dapat memperluas pangsa pasarnya melalui bisnis waralaba dengan tetap memperhatikan kualitasnya. 

3.      Ekspansi outlet-outlet, khususnya di Jakarta Melihat perubahan gaya hidup khususnya masyarakat perkotaan, Jakarta menjadi salah satu wilayah yang paling potensial untuk bisnis kafe. Sebagai first mover, saat ini Excelso hanya mempunyai sembilan outlet di Jakarta dibandingkan Starbucks yang baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 2002, telah mempunyai 22 outlet di wilayah Jakarta. Hal ini menjadi suatu peluang bagi Excelso untuk lebih agresif dalam memperluas bisnisnya di Jakarta.

4.      Investasi IT untuk meningkatkan dukungan terhadap pelaksanaan program pemasaran khususnya peningkatan manajemen terhadap customer yang telah ada agar mereka tetap setia menjadi customer Excelso, maka pengadaan infrastruktur teknologi pendukung akan sangat membantu pihak manajemen untuk lebih mudah melakukan pemantauan terhadap perkembangan perubahan keinginan dan kebiasaan customer-nya. Dengan demikian akan lebih mempermudah bagi manajemen dalam merumuskan strategi pemasaran.

5.      Diversifikasi produk Dengan melakukan diversifikasi produk seperti membuat merchandise produk ataupun gimmick yang berhubungan dengan identitas produk Excelso adalah merupakan peluang bagi Excelso untuk dapat lebih meningkatkan existing brand image-nya.

Sementara itu, perusahaan harus memperhatikan ancaman yang dianggap membahayakan bagi bisnisnya :

 1.        Banyaknya pesaing dan pendatang baru dalam industri sejenis baik pemain lokal maupun pemain asing. Persaingan dalam bisnis kafe semakin ketat terutama dari pemain asing yang sudah memiliki brand yang kuat dan customer yang loyal. Di samping itu Semakin banyaknya pelajar Indonesia yang bersekolah di luar negeri menyebabkan mereka sudah tidak asing lagi dengan nama-nama seperti Starbucks, Coffee Bean and Tea Leaf, dan Gloria Jean’s Coffee. Kemudahan masuknya pendatang baru juga dapat menjadi ancaman bagi Excelso.

2.      Loyalitas customer Dalam bisnis kafe yang terpenting adalah service yang ditawarkan, karena menyangkut bagaimana memenangkan hati customer. Mereka dapat dengan mudah beralih ke competitor lain jika merasa tidak puas. Selain itu faktor switching cost yang rendah menyebabkan customer lebih memilih brand yang lain. Tetapi bila kafe dapat menciptakan memorable experience bagi customer maka dapat tercapai customer satisfaction yang nantinya menghasilkan brand loyalty.

3.      Brand image pemimpin pasar yang kuat Starbucks merupakan salah satu strong competitor Excelso merupakan brand asing yang sudah mempunyai nama besar dan mendunia dalam bisnis Kafe, dengan kerjasama join venture-nya bersama PT. Sari Kopi Indonesia, Starbucks telah menunjukkan bahwa ia memiliki brand image yang sangat kuat.Untuk mendapatkan minuman yang bervariasi, departemen R&D melakukan inovasi dan memperkenalkan produk baru setiap 2-3 bulan sekali. Kemudian produk baru tersebut dimonitor perkembangannya baik dari hasil penjualan maupun pendapat customer. Setelah enam bulan, bila didapatkan hasil yang memuaskan, maka produk baru tersebut dijadikan produk tetap dan disertakan dalam buku menu. Di samping itu, Excelso juga mengikutsertakan customernya untuk menciptakan rasa minuman yang baru dengan menampung pendapat dan saran customer. Salah satu minuman kopi dengan campuran kacang, yang merupakan hasil kerjasama dengan customer adalah Nutty Frappio. 

4.      Pemilihan lokasi yang strategis hampir seluruh outlet Excelso berlokasi di area sentral (tengah) dari mal, plaza, maupun gedung perkantoran. Lokasi yang eye-catching ini merupakan keuntungan bagi Excelso karena pengujung mal dapat mengenali dan melihat kafe Excelso dengan mudah. 

5.      Wilayah pelayanan yang luas sebagai pemain lokal dalam bisnis ini, Excelso tidak hanya melayani customer di daerah Jakarta dan sekitarnya saja, tetapi juga di kota-kota besar lainnya, bahkan sampai ke luar pulau. Cakupan wilayah yang luas ini.



BAB III
PENUTUP
 
A.     Kesimpulan

inovasi adalah salah satu strategi keberhasilan ekcelso dengan terus berinovasi dan mengembangkan produknya dengan memahami kebutuhan dan perilaku konsumen.
Selain berinovasi dalam produk, tempat, dan strategi pemasaran; perlalatan penjualan baru juga dikembangkan ke arah yang lebih baik.
Kunci sukses inovasi tersebut adalah menjalin kerjasama dengan costumer dalam memasarkan produknya.
            Customer Excelso adalah masyarakat kalangan menengah kepuasan kostumer harus di utamakan.





                                            


DAFTAR PUSTAKA


Comments

Popular posts from this blog

AKUNTANSI DAN LAPORAN KEUANGAN

STRUKTUR ORGANISASI, TUJUAN DAN FUNGSI KOPERASI

POLA MANAJEMEN KOPERASI